Latest News

Cara Membuat Artikel Pos Baru di Blog yang Benar


BUATIFY - Cara Membuat Artikel Pos Baru di Blog. Setelah anda memahami bagaimana cara membuat blog, pada tutorial membuat blog lanjutan ini saya akan coba jelaskan bagaimana cara membuat artikel blog.

Perlu diketahui membuat artikel blog adalah aktivitas wajib bagi seorang blogger agar blognya mendapatkan pengunjung dan pada akhirnya blog yang anda miliki bisa dimonetisasi (cara membuat blog menghasilkan uang). Semakin banyak artikel yang anda buat maka akan semakin baik untuk anda, namun saya menyarankan jangan sekali-kali membuat artikel hasil copy-paste karena itu tidak baik bagi blog anda untuk jangka panjang.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat artikel blog di blogspot.com. Tapi ada baiknya juga anda baca Mengenal Fungsi Menu Utama di Blogger.

a. Silahkan anda masuk ke akun blog anda, jika anda memiliki lebih dari satu blog pada satu akun, silahkan anda pilih salah satu blog anda

b. Pada bilah menu sisi kiri tekan tombol "Entri Baru", akan muncul tampilan editor text seprti gambar berikut:

Cara membuat artikel blog

Untuk memahami cara membuat artikel, ada 7 bagian yang saya tandai terlihat pada gambar diatas, bagian tersebut bisa dianggap bagian yang cukup penting dan sering digunakan ketika membuat artikel blog, sebagai berikut:

1. Judul Artikel, silahkan anda masukan judul artikel blog anda, judul setidaknya memiliki maksimal 56 karakter.

2. Jenis text, anda bisa memilih jenis text, heading untuk judul, sub heading untuk sub judul, minor heading untuk sub-sub judul dan normal untuk text normal.

3. Membuat link, link adalah tulisan yang bisa di klik pada artikel, jika di klik maka anda akan dibawa ke halaman yang ditujunya, link pada umumnya memiliki garis bawah dan berwarna biru untuk membuat link anda harus memblok terlebih dahulu text yang ingin dijadikan link, kemudian tekan tombol link, anda akan diminta untuk memasukan alamat URL yang dituju.

4. Memasukan Gambar, kadang didalam artikel kita di tuntut untuk menyisipkan gambar, untuk keperluan tersebut anda tinggal menekan tombol gambar, dan anda akan diminta untuk mengupload gambar yang anda ingin masukan ke artikel anda.

5. Edit Kategori /Label, digunakan untuk memasukan kategori dari artikel anda. silahkan sesuaikan apapun kategori bisa anda masukan. untuk memasukan kategori, anda tinggal klik menu bertuliskan Label tersebut.

6. Edit URL /link, url artikel sebenarnya tanpa kita masukan sudah dibuatkan secara otomatis, namun kita bisa merubahnya dengan menekan menu bertuliskan link tersebut, dan kita masukan alamat url yang kita inginkan untuk artikel tersebut, url tidak boleh mengandung sepasi.

7. Edit deskripsi, untuk memasukan deskripsi dari artikel, atau keterangan singakat yang mewakili isi artikel, deskripsi setidaknya memiliki 165 karakter. untuk memasukan deskripsi anda tinggal klik menu deskripsi penelusuran tersebut.

Setelah anda memahami menu utama yang sering digunakan diatas, anda bisa mengetikan artikel anda pada halaman kosong yang disediakan tersebut, silahkan buat artikel setidaknya minimal 300 kata, lebih banyak kata tentunya akan semakin baik.

3. Cara logout dari halaman akun blog

Setelah anda mampu memahami cara-cara membuat blog, dan anda sudah memahami bagaimana cara membuat artikel blog, jangan lupa setiap kali anda selesai membuat blog, anda harus logout dari blog anda, apalagi anda menggunakan komputer umum atau komputer yang dipakai secara bersama-sama, ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan  yang bisa terjadi pada akaun blog anda, cara logout dari halaman utama akun blogspot yaitu dengan mengklik gambar linkaran yang terletak di paling sudut kanan atas, kemudian tekan tombol keluar.

4. Cara Masuk Kembali ke halaman utama akun blog

Blog yang anda miliki akan penuh dengan aktivitas keluar masuk halaman utama akun blog, anda tentu saja sudah mengetahui bagaimana cara logout atau cara keluar dari halaman akun blog, anda jangan sampai lupa juga, untuk masuk kembali ke halaman utama akun blog anda ketika anda memutuskan untuk mengelola blog anda misal ingin menulis artikel, untuk masuk halaman blog sebenarnya tidak terlalu sulit dan langkah-langkahnya hampir sama ketika anda melakukan pendaftaran pertama kali, sebagai berikut:


b. Pada kotak login yang disediakan, silahkan anda masukan email gmail anda yang anda gunakan pertama kali ketika daftar, dan juga masukan passwordnya, jika berhasil anda sudah bisa mengakses halaman akun blogspot anda.

5. Membuat blog bisa menghasilkan uang

Setelah anda mampu membuat blogspot sendiri, dan anda mampu mengisi blog yang anda miliki dengan artikel, salah satu langkah yang bisa anda ambil berikutnya andalah  mengupayakan bagaimana caranya membuat blog bisa menghasilkan uang, memang banyak sekali tujuan seseorang membuat blog, namun anda harus tau bahwa blog yang anda miliki bisa menghasilkan uang dan sudah terbukti benar, lantas bagaimana caranya?, yang pertama yang harus anda tempuh adalah, menjaring pengunjung atau visitor blog sebanyak-banyaknya, jika blog sudah memiliki banyak pengunjung anda bisa mencoba program monetisasi blog, silahkan coba google adsense, pelajari seo, pasti blog anda bisa menghasilkan uang


Gunakan Google Chrome Browser untuk mendapatkan tampilan terbaik saat menjelajah konten Blog BUATify ini.

1 komentar di "Cara Membuat Artikel Pos Baru di Blog yang Benar"

[+] Pertanyaan, masukan, keluhan, dan ucapan terima kasih, silakan ungkapkan melalui komentar.

[-] Mohon bijaksana dalam berkomentar. Komentar yang tidak sopan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.