Latest News

Cara Membuat Blog Baru Blogspot di Blogger Terbaru


BUATIFY - Memanfaatkan website penyedia layanan blog gratis adalah salah satu cara praktis untuk membuat blog atau halaman situs secara cepat. Cara membuat blog sebenarnya tidaklah sulit yang penting anda tahu caranya. Apalagi saat ini banyak sekali situs-situs penyedia layanan blog yang bisa anda gunakan sebagai media membuat blog baru gratis dan mudah

Dengan adanya situs-situs penyedia blog gratisan tersebut, terbukti blog menjadi pilihan untuk membuat halaman situs pribadi yang paling banyak digemari di dunia. Bahkan banyak blog yang sukses menghasilkan dollar dibuat secara gratis.

Sebenarnya banyak sekali situs untuk membuat blog gratis, diantaranya adalah blogspot.com atau blogger.com, wordperess.com, mywapblog.com khusus mobile blog dan situs-situs penyedia blog lainnya. 

Namun salah satu situs penyedia blog gratis terbaik yang paling banyak penggunanya di dunia termasuk di Indonesia adalah blogspot.com / blogger.com,  yang membuat situs penyedia blog tersebut banyak penggunanya dikarenakan situs tersebut adalah situs penyedia blog satu-satunya milik raksasa internet Google. Bisa dibilang blogspot adalah anak emasnya Google, sehingga blog yang dibuat menggunakan blogger.com atau blogspot.com diyakini dapat membuat halaman situs tersebut akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari terutama mesin pencari Google.

Cara membuat blog baru di blogspot

Meskipun cara membuat blog di blogspot sebenarnya sangat mudah, namun bisa jadi cara membuat blog bagi pemula khususnya, terutama yang baru mengenal dunia internet, mungkin akan sedikit kebingungan, karena saya yakin banyak diantara mereka tidak memiliki pengetahuan dasar tentang dunia IT/web, yang menyebabkan banyak diantara mereka tidak tahu bagaimana cara membuat blog, dan juga bagaimana harus memulai untuk membuat blog baru.

Melalui artikel kali ini saya ingin share tentang bagaimana cara membuat blog di blogger, saya lebih memilih membuat blog di blogger.com karena blogger.com adalah salah satu penyedia blog gratis, mudah digunakan dan situs blog satu-satunya milik Google, sehingga memiliki peluang blog akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari terutama Google Search Engine, dan saya berharap dengan tutorial ini anda tidak akan kesulitan untuk membuat blog sendiri dengan mudah. 

Berikut adalah tutorial cara membuat blog di blogger yang bisa anda ikuti:

1.  Anda wajib memiliki email google (email gmail). email gmail pada umumnya memiliki akhiran @gmail.com atau @gmail.co.id, jika kebetulan anda belum punya, silahkan anda buat email baru gmail terlebih dahulu, memang khusus untuk mendaftar blogger, email yang harus anda gunakan adalah email gmail saja, selain itu tidak bisa.

2. Jika anda sudah memiliki email gmail, silahkan anda menuju situs blogger.com atau blogspot.com, anda tinggal pilih salah satu karena kedua alamat tersebut, mengacu ke halaman yang sama.

3. Jika anda berhasil anda akan disajikan halaman utama blogger sign in (kotak login), silahkan anda login dengan memasukan email gmail anda berserta password-nya, kotak login terlihat seperti gambar berikut:

cara sign in blog

Jika login benar, maka anda akan dibawa ke halaman utama akun blogger.com seperti gambar berikut ini:

Cara membuat blogger

4. Utuk memulai mendaftar blog baru anda,  silahkan anda tekan tombol "Blog Baru" seperti terlihat pada gambar diatas, maka akan disajikan tampilan seperti gambar dibawah ini:

bagaimana cara membuat blog

Sesuai dengan gambar diatas,  untuk membuat blog gratis di blogspot data yang harus anda isi adalah sebagai berikut:

a. Judul, isi dengan judul blog anda, silahkan sesuaikan dengan topik blog yang akan anda buat untuk blog tersebut.

b. Alamat, Silahkan anda isi dengan alamat blog anda, alamat blog anda akan berakhiran .blogspot.com, jika terdapat gambar peringatan (icon tanda seru kuning) seperti gambar diatas, dan ada tulisan "Maaf alamat blog ini tidak tersedia" yang letaknya dibawah kotak alamat sebelah kanan itu tandanya alamat blog yang anda masukan sudah ada yang menggunakan, solusinya adalah anda harus mengganti alamat blog tersebut dengan mencari nama yang lain, silahkan ulangi terus sampai berhasil.

c. Template, Silahkan anda pilih dan klik template untuk tampilan blog anda sesuai dengan selera yang anda sukai.

d. Tekan tombol "Buat Blog!" untuk membuat blogspot anda aktif, jika berhasil maka judul blog anda akan muncuk di halaman utama akun blog anda seperti gambar berikut:

cara membuat blog di blogspot

Sampai tahap di atas, berarti anda sudah berhasil membuat blogspot baru, langkah selanjutnya adalah anda harus mengelola blog baru anda tersebut agar mendapatkan pengunjung.

Mengelola Blog Baru agar Mendapatkan Pengunjung Blog

Agar blog gratis baru anda dapat menarik pengunjung, anda harus mengelola blog anda tersebut dengan baik. Salah satunya adalah anda harus membuat artikel sebanyak-banyaknya. Untuk mengelola blog ber-platform blogspot, anda bisa masuk ke halaman dasbor blog milik anda.

Untuk masuk ke halaman administrasi blog anda,  silahkan anda klik pada  judul blog anda yang terdapat pada halaman utama akun blog anda. Coba anda lihat lagi gambar di atas, silahkan klik judul blog anda tersebut, jika berhasil anda akan masuk ke halaman administrasi untuk blog anda, seperti gambar berikut:

cara membuat blog pribadi


Gunakan Google Chrome Browser untuk mendapatkan tampilan terbaik saat menjelajah konten Blog BUATify ini.

Belum ada komentar di "Cara Membuat Blog Baru Blogspot di Blogger Terbaru"

[+] Pertanyaan, masukan, keluhan, dan ucapan terima kasih, silakan ungkapkan melalui komentar.

[-] Mohon bijaksana dalam berkomentar. Komentar yang tidak sopan akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.